Sunday 15 April 2018

Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi


Untuk membuat bakso pertama kali yang harus kita siapkan adalah es. Menggunakan air es bisa tapi kurang maksimal.Buatlah es beberapa hari sebelum mulai membuat bakso.
Tapi sebelum membahas bakso, kita definisikan dahulu pengertian bakso di sini.
Bakso adalah daging yang digiling halus dicampur dengan tepung tapioka lalu dibentuk bulat. Saya sengaja posting tentang bakso ini kebetulan karena bakso salah satu makanan favorit saya. Banyak sekali serial bakso yang dijual di kedai-kedai bakso seperti bakso sapi yaitu bakso dengan bahan dasar daging sapi, lalu bakso ikan yaitu bakso dengan bahan dasar ikan, selain itu ada bakso urat, bakso kerikil, dan lain-lain.

Kali ini saya akan mencoba mengulas cara membuat bakso versi saya.
Sudah berkali-kali membuat bakso selalu gagal. Saya ingin membuat bakso seperti yang dijual di kedai-kedai itu, tapi selalu tidak sama. Saya browsing internet cara membuat bakso tapi hasilnya tetap saja gagal.


Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Akhirnya setelah melalui praktik berulang kali ternyata berhasil, walaupun berbeda dengan bakso yang dijual di pasaran. Karena bakso yang dijual di pasaran mungkin menambahkan beberapa bahan tertentu yang saya tidak ingin pakai.
Baiklah mari kita mulai cara pembuatannya.
Pertama kali yang harus kita siapkan adalah es. Buatlah es batu beberapa hari sebelum kita mulai proses membuat bakso. Atau kalau lupa membuat es dan bahan-bahan bakso sudah ada, kita bisa membeli es batu di warung. Bahan-bahan yang perlu disiapkan selanjtnya yaitu daging sapi (kalau kita ingin membuat bakso sapi), tepung tapioka, bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, garam, gula pasir.

Bahan-bahan membuat bakso :
1. Es batu 2 paket box
2. Daging sapi 1 kg
3. Tepung tapioka/ tepung bakso gondoriyo 250 gram
4. Bumbu-bumbu : garam,  1 sdm
5. gula pasir 1,5 sdm, merica halus, bawang putih 3 siung dihaluskan
6. Air panas untuk merebus
7. baking soda 1 sdm
8. penyedap rasa royco 1 bungkus

Cara membuat bakso :
Gilinglah daging sapi menggunakan food processor atau blender. Jika menggunakan food processor kuantitasnya bisa banyak.
Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit tepung tapioka. Perbandingannya bebas. Saya biasanya menggunakan perbandingan daging : tepung adalah 4 : 1. Jika daging 1 kg maka tepung tapioka 0,25 kg.
Lalu masukkan es batu secukupnya.
Masukkan juga bumbu-bumbu seperti garam secukupnya, gula pasir secukupnya, merica halus dan bawang putih halus.
Giling semua bahan dengan food processor kira-kira 10 menit. Lamanya waktu pemrosesan dalam foodprocessor mempengaruhi kualitas bakso. Ingat !!! Jangan terlalu sebentar nanti baksonya saat direbus airnya berwarna putih. Artinya daging dan tepung tidak bercampur dengan baik.
Setelah dirasa cukup, taruh daging giling yang sudah tercampur rata dengan bahan-bahan lain di sebuah wadah.
Setelah itu kita siapkan air panas untuk merebus bakso. Caranya, setelah air mendidih lalu kita matikan kompor, biarkan sebentar agar air jangan terlalu panas.
Cetak daging giling menggunakan tangan dan sendok berbentuk bulat. Masukkan satu-persatu bulatan daging giling ke dalam air panas.
Setelah semua bola daging dimasukkan ke dalam air panas, hidupkan lagi kaompor, rebus sampai bola bakso mengapung ke permukaan. Artinya bola bakso sudah matang. angkat dan tiriskan.

Demikianlah cara membuat bakso versi saya. Tulisan ini saya buat sebagai pengingat saya cara membuat bakso. Yang terpenting adalah pada waktu pemrosesannya di dalam food processor dan penggunaan es. Ingat itu!! Setelah bakso jadi, kita bisa berkreasi menjadi berbagai menu bakso, seperti bakso bakar atau memberinya kuah.

Selamat mencoba dan berkreasi.



Bakso Sapi ; Bakso Ikan ; Resep bakso kenyal gurih ; Bakso Sapi kenyal ; Rahasia bakso kenyal ; bakso kres-kres ; Membuat bakso kres-kres ; Cara membuat bakso kres-kres

No comments:

Post a Comment